MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Jumat, 21 Agustus 2009

ATURAN BARU OSN SMP TAHUN 2009

Tahun 2009 kemarin, sistem OSN yang digunakan di Direktorat PSMP ternyata berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau tahun-tahun sebelumnya wakil dari satu sekolah bisa banyak, maka untuk tahun 2009 kemarin, wakil dari satu sekolah ke OSN tingkat nasional hanya satu orang. Ini menimbulkan beberapa kejutan. Ada yang protes dan ada pula yang senang.

Yang protes adalah mereka yang sudah langganan mengirimkan lebih dari satu wakil ke OSN tingkat nasional. Yang senang adalah mereka yang selama ini kalah bersaing dengan sekolah-sekolah langganan peserta OSN nasional.

Penulis sempat berbincang-bincang dengan beberapa pihak. Ada satu hal yang menurut penulis dapat dijadikan bahan pemikiran.

Dikembangkannya sistem seperti ini karena berharap mutu pendidikan bisa menyebar ke seluruh sekolah, tidak hanya sekolah tertentu. Dengan wakil satu orang per sekolah, peluang sekolah lain mengirimkan wakilnya akan makin besar.

Memang, kebijakan ini mengakibatkan penurunan kualitas peserta OSN tingkat nasional. Kualitas peserta OSN lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya. Peringkat no 2 di propinsi bisa saja sebenarnya merupakan peringkat 10 kalau satu sekolah bisa mengirimkan lebih banyak anggota.

Namun demikian, untuk jangka panjang, tampaknya anak-anak cerdas yang selama ini mengumpul di satu sekolah mungkin harus berpikir panjang. Kalau mereka tidak yakin akan mampu menjadi juara di suatu sekolah, mungkin mereka akan berpikir untuk sekolah di tempat lain. Asyik juga... di setiap sekolah akan ada anak yang pandai dan itu berarti pemerataan mutu.

Tapi apa pasti begitu?

Wallahu a'lam... penulis tidak terlalu yakin... tetapi ada baiknya dicoba...semoga anak-anak yang pandai ini tidak menjadi warga "elit"...semoga mereka tersebar dan semakin memacu anak lain yang potensinya terpendam untuk meningkatkan diri...

Anyway...

Tampaknya penulis pun ingin agar akses ke soal-soal OSN ini bisa dijangkau oleh semua siswa. Penulis berharap seluruh siswa SMP di Indonesia mengetahui soal-soal tersebut. Untuk itu, dalam kesempatan ini penulis menyempatkan diri menuliskan kembali soal-soal tersebut dan penulis mempersilahkan siapa saja untuk mengunduh soal-soal tersebut di sini.

Semoga bermanfaat

Jumat, 07 Agustus 2009

MENCARI BANYAKNYA FAKTOR SUATU BILANGAN

Salah satu soal OSN Matematika tingkat nasional meminta siswa untuk mencari banyaknya bilangan asli n demikian sehingga n + 10 membagi n^3 + 100.

Setelah melalui manipulasi aljabar, soal tersebut pada dasarnya sama saja dengan soal menghitung banyaknya faktor 900 yang bisa dinyatakan dalam bentuk n + 10 dengan n bilangan asli.

Rupanya cara-cara mencari banyaknya faktor dari suatu bilangan ini sudah jarang kita ingat. Banyak anak yang tidak menguasainya lagi. Bahkan, mungkin banyak pula di antara kita sudah lupa dengan hal itu.

Sehubungan dengan itu, penulis tertarik untuk berbagi pemikiran dengan teman-teman semua. Penulis membuat tulisan singkat sederhana dan agak informal dengan harapan teman-teman bisa memahaminya dengan lebih mudah.

Nach...

Saya persilahkan teman-teman membaca dan mengkaji tulisan tersebut. Kalau perlu, berikan komentar dan tambahan yang penting.

Silahkan diunduh dahulu di sini. Semoga bermanfaat.

Salam

NASA Image of the Day