MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Rabu, 18 Maret 2009

PECAHAN BASIC

Pecahan basic merupakan salah satu bentuk pecahan sederhana. Pecahan basic adalah pecahan yang pembilangnya lebih kecil dari penyebutnya. Di tempat kita, di Indonesia, pecahan basic ini seringkali disebut dengan "pecahan sempurna"?

Karena itu, pecahan basic ini tidak pernah berpenyebut 1.

Nach... beberapa waktu yang lalu ada suatu masalah yang mempertanyakan tentang jumlah dari pecahan basic dimana penyebutnya mulai dari 2 sampai dengan 100.

Menurut hemat penulis, soal itu cukup menarik untuk disajikan kepada para murid. Bahkan penulis pun tertarik serta tertantang untuk memecahkannya. Bukankah ini suatu syarat dari suatu soal bisa disebut masalah?

Penulis pun kemudian mengerjakan soal tersebut.

Setelah mencoba menggunakan strategi mendaftar anggota-anggotanya, penulis melihat bahwa masalah ini merupakan masalah penjumlahan barisan bilangan. Penulis pun berhasil menemukan jawabannya yaitu sebesar 2475. Akan tetapi, penulis ingin para pengunjung blog ini memberikan masukan tentang benar tidaknya proses berpikir yang telah penulis lakukan.

Untuk itu, penulis ingin menyampaikan jawaban penulis tersebut di dalam blog ini. Silahkan diunduh di sini, dan seperti dikemukakan di atas, tolong agar proses dan hasilnya ini dikaji secara cermat. Semoga bermanfaat.

Salam

3 komentar:

Anonim mengatakan...

salam kenal. Blognya bagus nih. Ok, ada kabar gembira buat Anda, atau jangan2 anda sudah ikutan. OK, ada lomba ngblog berhadiah Summer COurse di Belanda selama 2 minggu dari NEso Indonesia. Wah, kesempatan emas kan?
Lihat informasinya lengkap kompetisi blog nya disini
http://lpmpalmuhajirin.blogspot.com/2009/03/mengapa-harus-belajar-ke-belanda.html

Abdur Rahman As'ari mengatakan...

salam kenal kembali... terimakasih atas pujian dan infonya.... saya masih belum tahu sama sekali kalau ada lomba semacam itu ... thanks a lot... salam

Anonim mengatakan...

Wihh...

Mantep Neh Artikelnya.......

Exis Ya....