MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Selasa, 12 Mei 2009

SEBUAH IDE PEMBELAJARAN KESEBANGUNAN SEGITIGA

Pembelajaran Matematika yang biasa kita lakukan seringkali terkemas dalam suatu interaksi yang monoton. Guru lebih banyak bicara, dan siswa lebih banyak diam, mendengarkan dan mencatat apa yang dikatakan guru.

Sebenarnya sudah cukup banyak inovasi pembelajaran yang menekankan pentingnya siswa belajar secara aktif. Tetapi, banyak sekali guru yang kesulitan menerapkannya. Entah karena apa, yang jelas banyak guru yang "gelap" dengan ide membelajarkan matematika yang membuat siswa aktif. Mudah-mudahan bukan karena kemalasan.. he he... Maaf.

Nach... beberapa saat yang lalu penulis sempat membuat sebuah ide pembelajaran yang menurut hemat penulis cukup menuntut siswa untuk aktif belajar. Di dalam ide ini, penulis meminta siswa melakukan investigasi, diskusi kelompok, membuat reviu dan refleksi, dan kegiatan siswa aktif lainnya.

Penulis tidak mengetahui apakah ide ini bisa diterapkan dalam satu kali pertemuan atau tidak. Mengapa? Karena yang paling tahu tentang kelas teman-teman, adalah teman-teman sendiri. Walau sudah jadi profesor doktor sekalipun, dia tidak akan dengan serta merta mengenal karakteristik masing-masing kelas. Ide pembelajaran yang ditawarkan bisa saja tidak jalan di kelas itu.

Karena itu, kalau mau diterapkan di kelas teman-teman, penulis mengharapkan agar teman-teman tidak beranggapan bahwa ini adalah ide yang terbaik dan sudah tinggal terapkan. Penulis mempersilahkan teman-teman menyesuaikan saja dengan kondisi kelas yang ada.

Ide ini boleh dilaksanakan dalam satu kali pertemuan saja kemudian diulangi dan dipertajam lagi pada pertemuan berikutnya, atau penggal saja beberapa kegiatan dalam pertemuan pertama, dan lanjutkan sisanya pada pertemuan berikutnya. Bahkan, penulis juga mempersilahkan teman-teman mengadaptasi sesuai kebutuhan. Itu bukan masalah. Yang penting, semoga tulisan ini bisa menginspirasi teman-teman agar mampu membelajarkan siswa-siswanya dengan optimal.

Nach... ada yang tertarik untuk mengetahuinya.

Kalau teman-teman tertarik, penulis sudah mempersiapkan filenya. Penulis mempersilahkan teman-teman sekalian untuk mengunduh file tersebut di sini. Meskipun mungkin tidak ideal, tetapi semoga tetap bermanfaat.

Salam

6 komentar:

Ariesvio mengatakan...

Makasih...informasinya...Tentang Sukses Pengelolaan Kelas Tergantung Guru Kelasnya Karena Memang Dia Yang tahu Karakteristik siswanya...Ni sudah saya unduh pasti saya pelajari
Salam Sukses...Pak

Abdur Rahman As'ari mengatakan...

ha ha... OK.. selamat mendalami..
Kalau ada yang bisa dibagikan di blog ini, monggo lho...
Ide-ide dari Pacitan kan juga bisa disebarkan di seluruh dunia...


Salam

JEJAK PETUALANG mengatakan...

KETIGAX .
JALAN JALAN DI MALAM HARI

Anonim mengatakan...

Pak, isi blognya bermanfaat, apalagi saya adalah staf pengajar baru pada program studi P.Mat

Anonim mengatakan...

kebetulan sekali saya juga rencananya akan mengambil program magister minat Teknologi Pembelajaran. Kalo bisa buat penelitian di flores pak, biar kita banyak belajar dari bapak. Thanks

Abdur Rahman As'ari mengatakan...

Wow... tawaran yang menarik... terimakasih mas...
........
anyway... semoga kita bisa saling berbagi...