MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Selasa, 10 November 2009

MEMFAKTORKAN BENTUK KUADRAT: SEBUAH IDE LAIN

Para siswa kadang kesulitan dalam memfaktorkan bentuk kuadrat. Sebagai akibatnya, mereka menjadi takut belajar matematika.

Pada saat penulis mendampingi para guru MTs dan MA dalam kegiatan PLPG oleh Universitas Negeri Malang di Kota Batu, ada seorang guru MTs yang menawarkan suatu prosedur dalam memfaktorkan bentuk kuadrat.

Tidak semua guru mengenal cara ini. Bahkan, para dosen pun banyak yang tidak mengenalinya. Karena itu, penulis mencoba berbagi dengan para pembaca sekalian. Semoga ide ini menginspirasi guru sekalian dalam membelajarkan pemfaktoran bentuk kuadrat. Semoga pula hal ini mampu menjadikan siswa tidak takut kepada matematika.

Nach

Penulis sudah menuliskan sebuah tulisan singkat tentang prosedur ini. Penulis mempersilahkan siapapun yang ingin mengetahuinya dengan mengunduh tulisan itu di sini. Semoga bermanfaat.

Salam

10 komentar:

Syahrir UNY PMA mengatakan...

Ass. Mungkin saya orang pertama komen tulisan kamu. kalo saya bisa minta semua tulisanmu tentang ide-ide matematika dikirimkan tulisan-tulisannya ke email saya yah (syahrir.mandala@yahoo.com)
terima kasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

aslm,eh ketemu P.As'ari lagi, saya mantan mhs njenengan di IKIP Mlg thn 1988,dan Alhamdulillah skrg dah ngajar di MTsN Pedan Klaten,
Pak barusan saya mencoba mengunduh tlisan bapak tentang ide pembelajaran matematika tapi kok telah terus ya pak?
kalo bapak berkenan saya mhon dikirimi tulisan2 bapak tentang ide2 pembelajaran matematika utk coba saya terapkan/kembangkan di tempat saya pak, terima ksh sebelumnya,nuwun. email saya (joko.widiyanto@rocketmail.com)

Abdur Rahman As'ari mengatakan...

Mas Joko... semua file sepertinya sudah ready untuk didownload (diunduh)... baca tulisan singkatnya... nach pada kata-kata "silahkan unduh di sini" tekan mouse Anda... ikuti yang download free... InsyaALLAH bisa diambil dengan sabar

Abdur Rahman As'ari mengatakan...

Pak Syahrir.. terimakasih telah di kamu kan

Anonim mengatakan...

kok error ya pak waktu saya klik "disini"..rapidnya error gni tulisannay
Error
This file has been removed from the server, because the file has not been accessed in a long time.
knp gak pake ziddu aja pak (esthi_zea@yahoo.com)

widowati mengatakan...

sy dulu mhsw bpk.
terimaksh pak, bpk ngajarnya enak dan inovatif..
sy msk th 98 lulus th 2002. Alhamdulillah, sdh 5 th memetik buah belajar di mtk um

rental mobil murah mengatakan...

great artikel

dunia MAYA (Matematika Raya) mengatakan...

file nya kok gak ada pak?gmn ini padahal ini menarik bagi kita semua guru matematika

Obat Luka Bakar mengatakan...

Terima kasih atas infonya

nurfi syahrina mengatakan...

pak, saya sangat membutuhkan artikel bpk. akan tetapi sya tidak dpt mengunduhnya. karena slalu error.
mhon bntuannya pak..