Ketika dulu saya di Sekolah Dasar, bahkan sampai di SMP, saya mengalami kesulitan dalam menentukan nilai Quartil sekumpulan data. Itu semua tak lepas dari tidak jelasnya aturan main dalam penentuan kuartil. Gurunya hanya mengatakan "pokoknya, kalian bagi dua dulu datanya, sesudah itu bagi dua lagi. Nach... yang ditengah-tengah dari hasil pembagian kedua inilah yang disebut Quartil. Kalau yang di bawah disebut Quartil Bawah, sedang yang di atas di sebut Quartil Atas".
Apakah teman-teman pernah mengalami?
Kalau pernah mengalami, mungkin tulisan sederhana berikut mungkin bermanfaat. Pak Swasono Raharjo berkenan berbagi ilmunya kepada kita tentang rumus yang bisa digunakan untuk menentukan letak quartil.
Teman-teman tertarik untuk mengetahuinya? Kalau tertarik, silahkan unduh di sini dan coba simak dengan baik. Semoga memberikan manfaat.
Salam
MAHKOTA DEWA
Senin, 16 Februari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Arsip Blog
-
▼
2009
(67)
-
▼
Februari
(15)
- MENJADIKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERPERAN UNTUK ...
- HIMPUNAN KOSONG: TUNGGAL ATAU JAMAK?
- STRATEGI PEMECAHAN MASALAH
- BUKU CLASSROOM LANGUAGE UNTUK GURU-GURU RSBI
- ALGEBRA TILE
- JAWABAN SOAL NO 2 HARI 2 OSN SMP NAS 2008
- JUMLAH BARISAN TAK HINGGA
- MODEL, STRATEGI, METODE, DAN KETRAMPILAN MEMBELAJA...
- MENENTUKAN KUARTIL DATA
- TENTANG NILAI MUTLAK
- SEPULUH METODE PEMBELAJARAN
- TOPIK UNTUK PENELITIAN PTK
- BOLEHKAN KALKULATOR DIGUNAKAN SISWA DI KELAS?
- JAWABAN SOAL NO 1 HARI 2 OSN SMP NAS 2008
- PRINSIP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
-
▼
Februari
(15)
2 komentar:
Saya setuju dengan tulisan anda, yang penting bagaimana menerapkan model, strategi atau model tersebut agar bisa diterima dan mudah dimengerti.
Saya termasuk orang yang lihat-lihat forum. Mengingat forum ini dihuni oleh orang yang bervariasi latar belakang, minat, dan keahlian, maka di dalam forum ini, saya lebih menekankan praktiknya di kelas. Pembahasan teori ada tempatnya sendiri.
Posting Komentar