MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Senin, 16 Februari 2009

MENENTUKAN KUARTIL DATA

Ketika dulu saya di Sekolah Dasar, bahkan sampai di SMP, saya mengalami kesulitan dalam menentukan nilai Quartil sekumpulan data. Itu semua tak lepas dari tidak jelasnya aturan main dalam penentuan kuartil. Gurunya hanya mengatakan "pokoknya, kalian bagi dua dulu datanya, sesudah itu bagi dua lagi. Nach... yang ditengah-tengah dari hasil pembagian kedua inilah yang disebut Quartil. Kalau yang di bawah disebut Quartil Bawah, sedang yang di atas di sebut Quartil Atas".

Apakah teman-teman pernah mengalami?

Kalau pernah mengalami, mungkin tulisan sederhana berikut mungkin bermanfaat. Pak Swasono Raharjo berkenan berbagi ilmunya kepada kita tentang rumus yang bisa digunakan untuk menentukan letak quartil.

Teman-teman tertarik untuk mengetahuinya? Kalau tertarik, silahkan unduh di sini dan coba simak dengan baik. Semoga memberikan manfaat.

Salam

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya setuju dengan tulisan anda, yang penting bagaimana menerapkan model, strategi atau model tersebut agar bisa diterima dan mudah dimengerti.

Abdur Rahman As'ari mengatakan...

Saya termasuk orang yang lihat-lihat forum. Mengingat forum ini dihuni oleh orang yang bervariasi latar belakang, minat, dan keahlian, maka di dalam forum ini, saya lebih menekankan praktiknya di kelas. Pembahasan teori ada tempatnya sendiri.