MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Sabtu, 28 Februari 2009

MENJADIKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERPERAN UNTUK KEMAJUAN SAINS, TEKNOLOGI, DAN INDUSTRI

Tadi pagi di Universitas Jember, penulis diminta untuk menjadi pembicara utama dalam Seminar Nasional dengan tema "PERAN MATEMATIKA DALAM MEMBANGUN INDONESIA DI BIDANG SAINS,TEKNOLOGI, DAN INDUSTRI".

Menurut hemat penulis, peserta dari seminar ini memang bisa dikatakan menasional. Peserta berasal dari Sumatera, Jawa, Sulawesi, Bali, dll. Ada yang dosen, guru, dan mahasiswa program Pasca Sarjana.

Di dalam kesempatan ini, penulis mencoba menguraikan syarat-syarat agar pembelajaran matematika bisa berperan untuk kemajuan Sains, Teknologi, dan Industri. Penulis menyatakan bahwa pendidikan matematika harus menciptakan siswa atau mahasiswa yang: (a) mahir matematika, (b) memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, (c) memiliki kecerdasan interpersonal dan intrapersonal, serta (d) menguasai ICT.

Di dalam paparan tersebut penulis menguraikan pula beberapa isyu pembelajaran matematika kita yang masih belum memungkinkan untuk berperan dalam kemajuan sains teknologi dan industri. Di antaranya penulis menyatakan bahwa pembelajaran kita belum diarahkan untuk menjadikan siswa atau mahasiswa mahir matematika. Pembelajaran lebih banyak diarahkan untuk sekedar lulus ujian negara. Pembelajaran pula tidak mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, kurang mendorong dimilikinya penguasaan lintas disiplin ilmu, dan lain-lain.

Kalau di antara teman-teman ada yang ingin mengetahui apa yang saya sajikan, berikut saya sajikan power point dan makalah yang saya buat. Silahkan di unduh. Kalau teman-teman perhatikan, maka tulisan tersebut cukup sederhana saja. Namun demikian, penulis tetap berharap semoga tulisan ini bisa menginspirasi upaya peningkatan kualitas pendidikan matematika Indonesia. Semoga.

Salam

4 komentar:

septiana's blog mengatakan...

i agree with the writer. this time,mathematics studying system just focus on graduate. student just knew direct simple theory, without were explained basic theory. student just use simple theory and focus on correct answer. So, student's skill will not grow up. without knowing the basic theory, we don't know how to grow the skill up. so, people just know mathematics as graduate knowledge, not as usefull knowledge and primary knowledge in science and technology.

Ayu Azmy Amalia _ English1 mengatakan...

In my opinion, math is the root of science. To develop Indonesia in science, firstly we have to develop our education of mathematics first. So, I agree with the writer,who said that in order to math can take a part of development of science, technology, and industry, math must can to create the students who have 4 of qualifications. Those are: skilled of math, have the high level of mind, intellect, and have a capable of ICT.
To create those kind of Indonesia student and to develop our science,technology, and industry, we have to develop our education of mathematics.

Abdur Rahman As'ari mengatakan...

Thank you very much for your support

Therefore, mathematics teachers need to learn on (a) how to develop positive attitude and perceptions on their students side, (b) how to select and implement appropriate instructional methods/strategies to help students acquire and integrate knowledge, (c) how help students extent and refine knowledge, (d) how to apply the knowledge meaningfully, and (e) how to develop habits of mind.

go8log mengatakan...

Kok pake bahasa Inggris semua yah...Aku pengen dapat info mengenai pembelajaran matematika dengan menggunakan media khususnya komputer...mohon petunjuknya
go8log.wordpress.com tempat trik dan tips komputer dan mateamtika juga

sinauflash.blogspot.com tempatnya belajar flash dalam dunia pendidikan