Soal
Lingkaran M adalah lingkaran dalam dari ∆ABC, sedangkan lingkaran N merupakan lingkaran dalam dari ∆ACD. Kedua lingkaran bersinggungan di titik E. Jika panjang sisi AD=x cm,AB=y cm,BC=z cm, tentukan panjang sisi DC (nyatakan dalam x, y dan z)
Bagaimana menyelesaikannya?
Soal ini seakan-akan menuntut penguasaan anak tentang rumus garis singgung pada lingkaran. Sebenarnyalah tidak demikian.
Yang perlu dilakukan hanyalah dengan memberikan nama titik-titik singgung lingkaran tersebut dengan titik-titik P, Q, R, dan S, misalnya: P di AD, Q di AB, R di BC dan S di CD. Selanjutnya, dengan memisalkan panjang salah satu garis singgung, panjang garis singgung yang lain bisa ditemukan.
Coba Anda selesaikan sendiri terlebih dahulu.
Kalau Anda sudah menyelesaikannya, mungkin Anda bisa mengunduh di sini, untuk mencocokkan jawaban Anda.
Apa yang bisa kita petik dari sini?
Menurut hemat penulis, setidak-tidaknya ada satu hikmah yang bisa kita peroleh dari mengamati jawaban dari soal ini. Pembelajaran hendaknya jangan hanya mengarah kepada penemuan dan penggunaan rumus semata. Yang lebih dipentingkan adalah kemampuan bernalar. Pembelajaran hendaknya mendorong anak mampu mengembangkan kemampuan bernalarnya, sehingga mereka tidak terlalu "rumus oriented".
Bukankah di dalam menyelesaikan soal ini sama sekali tidak menggunakan rumus?
Salam
MAHKOTA DEWA
Minggu, 28 Desember 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Arsip Blog
-
▼
2008
(26)
-
▼
Desember
(23)
- KAPAN BOLEH GUNAKAN KANSELASI
- Jawaban SOAL NO 1 HARI I OSN SMP NAS 2008
- ONE MINUTE MATH
- MENCARI CARA MENGEFISIENKAN WAKTU PEMBELAJARAN
- ADA YANG SALAH DALAM PEMBELAJARAN BARISAN BILANGAN
- METODE ELIMINASI: APANYA YANG TERELIMINASI?
- MEMBELAJARKAN SOAL CERITA
- ALTERNATIF JAWABAN SOAL JAJARAN GENJANG
- Investigasi Matematis
- SEPELE TAPI KADANG MEMBINGUNGKAN
- TEKNIK UNTUK COMPUTATIONAL ESTIMATION
- Sekilas tentang Lesson Study
- SOAL JAJARAN GENJANG
- KAIDAH BERTANYA
- MEMBERDAYAKAN MGMP dan KKG
- KLASIFIKASI BANGUN SEGI EMPAT
- Soal Segitiga dan Pencerminan
- Pembelajaran Statistik di SD
- PEMBINAAN UNTUK SUKSES OSN
- Pembelajaran Matematika Kreatif: POHON MATEMATIKA
- Soal Cerita Menarik dalam Aljabar
- Mengelaborasi Kompetensi Dasar
- Strategi Pembelajaran REACT dalam Aljabar
-
▼
Desember
(23)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar