MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Sabtu, 06 Desember 2008

Pembelajaran Statistik di SD

Pembelajaran Statistik di sekolah dasar, menurut Standar Isi, baru dimulai di kelas 6.
Mengapa pemerintah memutuskan demikian? Yang jelas, penulis tidak tahu alasannya.

Berdasarkan pengalaman penulis, dan berdasarkan kajian pelaksanaan pembelajaran statistik di luar negeri, sebenarnya pembelajaran statistik bisa dilakukan sejak kelas awal. Tentu saja, pembelajaran yang sedemikian ini tidak dilakukan dalam tahap abstrak.

Grafik hasil pengolahan data sebenarnya tidak harus bersifat abstrak. Ada tiga jenis grafik yang bisa dikenalkan kepada anak, yaitu abstract graphic (grafik-grafik yang biasa kita kenal), pictural graphic (grafik yang diperoleh dengan menempelkan gambar-gambar), dan object graphic (grafik yang diperoleh dengan menata benda-benda sebenarnya).

Terkait dengan itu, penulis pernah menyajikan suatu ide tentang pembelajaran data dalam suatu seminar dan lokakarya. Anda tertarik untuk mengetahui power point presentation-nya? Silahkan unduh di sini.

Salam

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Terus poskan ide-ide pak

harimathe mengatakan...

blog ide pembelajran matematika sangat menarik,penting,bermanfaat dan menantang untuk guru guru matematika .saya salah satunya. dengan adanya blog ini sangat membantu saya untuk saling meningkatkan kualitas guru matematika. terutama pada konsep konsep yang belum dikteahui. Materi OSN sangat perlu disekolah sekolah.
untuk data statistik memang tidak harus dibelajarkan langsung dikelas 6. melalui beberapa workshop yang saya ikuti dan saya cobakan dikelas sebenarnya maeri dapa/statistisk sudah bisa dimulai dikelas 3. mengapa demikian karena kelas 3 SD merupakan masa pemahaman konsep konsep matematika setelah mereka melakukan belajar dengan kongkrit dikelas 1 dan 2.
untuk Bapak Asari ,terima kasih, dengan adanya blog ini saya seperti dapat materi kuliah.

saya, S.hariyadi Kota Madiun

Anonim mengatakan...

Pak, saya mengetahui untuk menjadi kontributor di web kami. Kami ada beberapa website yang mempunyai pengunjung lumayan banyak. Mungkin infoskripsi.com dan pro-ibid.com bisa menampilkan profil Bapak. Mohon maaf jika kurang berkenan.

Anonim mengatakan...

pak saya tertarik ma bab ini, cos kemaren saya juga dapat tugas membelajarkan statistika pada anak SD.

tapi kug ga bisa didownload yah///////


padahal yang tampil di blog ga semuanya khan pak...


Riendoe

Abdur Rahman As'ari mengatakan...

Rindoe,
File yang saya masukkan di blog ini tersimpan di "gudangnya' Rapidshare. Karena gratisan, file tersebut hanya bisa didownload 10 kali. Kalau sudah lebih dari 10 kali didownload, mungkin perlu saya simpan lagi di gudangnya Rapidshare tersebut.