MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Kamis, 22 Januari 2009

FIRST PRINCIPLES OF INSTRUCTION

Beberapa waktu yang lalu, mungkin sudah hampir satu tahun, saya mendownload suatu artikel dari seorang tokoh teknologi pembelajaran, MERRILL. Artikel ini berbicara tentang first principles of instruction.

Menurut Merrill, first principles of instruction tersebut dapat dikemukakan sebagai berikut:

1. Learning is facilitated when learners are engaged in solving real-world problems
2. Learning is facilitated when relevant previous experience is activated
3. Learning is facilitated when the instruction demonstrates what is to be learned rather then merely telling information about what is to be learned
4. Learning is facilitated when learners are required to use their new knowledge or skill to solve problems
5. Learning is facilitated when learners are encouraged to integrate (transfer) the new knowledge or skill into their everyday life

Kalau diterjemahkan secara bebas, tampak bahwa pebelajar akan merasakan kemudahan dalam belajarnya jika:
1. mempelajari hal-hal yang kontekstual
2. belajarnya disesuaikan dengan bekal pengalaman yang sudah dimiliki
3. pembelajaran mampu dengan sendirinya memperlihatkan tujuan belajarnya, bukan karena diberi tahu
4. pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki digunakan untuk memecahkan masalah
5. pengetahuan dan keterampilan baru yang dimiliki tidak hanya didiamkan, melainkan ditransfer dan diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Terkait dengan hal di atas, penulis teringat dengan strategi REACT dalam pembelajaran kontekstual. Apakah REACT merupakan perwujudan dari penerapan first principles of instruction? Teman-teman mungkin bisa mengkajinya lebih dalam.

Terkait dengan artikel yang tadi saya baca, saya sempat membuat ringkasan power pointnya. Saya juga tuliskan alamat saya mengunduhnya. Karena itu, jika teman-teman berkenan, silahkan unduh ringkasan tersebut di sini. Semoga bermanfaat.

Salam

Tidak ada komentar: