Apa yang terlintas ketika kita mendengar kata “Sifat-Sifat Bilangan”?. Kebanyakan dari kita para guru, dan juga para siswa, akan menyatakan beberapa sifat berikut:
1. Penjumlahan dan perkalian bilangan bersifat komutatif
2. Perkalian bersifat distributif terhadap penjumlahan dan pengurangan
3. Setiap bilangan jika dikalikan dengan 0 hasilnya selalu 0
4. Setiap bilangan jika dikalikan 1 hasilnya tetap bilangan itu sendiri
5. Setiap bilangan jika ditambahkan 0 hasilnya tetap bilangan itu sendiri
Menurut hemat penulis, membatasi sifat-sifat bilangan hanya pada sifat-sifat 1 s/d 5 ini, sebenarnya sah-sah saja. Hanya saja, penguasaan sifat-sifat ini masih kurang membantu siswa mampu menjadi pemecah masalah yang baik. Untuk bisa menjadi pemecah masalah yang baik, siswa perlu menguasai sifat bilangan ditinjau dari sudut struktur himpunan bilangannya, tetapi juga dari ke-unique-an masing-masing unsurnya. Bagian pertama merupakan kajian dalam Struktur Aljabar, sedang yang kedua merupakan kajian dalam Teori Bilangan.
Terkait dengan perlunya anak menggali sifat-sifat bilangan dari sudut pandang Teori Bilangan, maka Guru perlu merancang tugas belajar yang mendorong terciptanya eksplorasi sifat bilangan dari sudut pandang kekhasan strukturnya, serta sudut pandang karakteristik unsur-unsurnya.
Penulis sempat menulis artikel pendek tentang hal ini, dikaitkan dengan pentingnya belajar sifat bilangan dalam pembuktian. Anda tertarik membacanya, silahkan unduh di sini.
Salam
MAHKOTA DEWA
Kamis, 01 Januari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Arsip Blog
-
▼
2009
(67)
-
▼
Januari
(20)
- METODE PEMECAHAN MASALAH
- MODEL PEMBELAJARAN
- CHARACTER BUILDING MELALUI OSN
- JAWABAN SOAL NO 5 HARI 1 OSN SMP NAS 2008
- FIRST PRINCIPLES OF INSTRUCTION
- MEAN MEDIAN ATAU MODUS: YANG MANA?
- KONSEP HIMPUNAN
- JAWABAN SOAL NO 4 HARI 1 OSN SMP NAS 2008
- PAKEM: APA MAKSUDNYA?
- COGNITIVE LOAD THEORY
- PEMANFAATAN PAPAN ATAU TULANG NAPIER
- JAWABAN SOAL NO 3 HARI 1 OSN SMP NAS 2008
- PANGKAT PECAHAN
- MENGUBAH SEGI 4 MENJADI SEGI 3
- A Trapezoid Problem
- Jawaban SOAL NO 2 HARI I OSN SMP NAS 2008
- METODE SILIH TANYA
- MERENCANAKAN TINDAKAN DALAM PTK CONFIRMATORY
- KARAKTERISTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS
- SEJAUH MANA SIFAT BILANGAN PERLU DIPELAJARI?
-
▼
Januari
(20)
6 komentar:
terima kasih atas postingannya. semoga jadi jalan untuk peningkatan mutu.
salam kenal...
Makasih
Mari terus berpikir dan berpikir
Cogito Ergo Sum
assalamualaikum pak As'ari
saya mau tanya tentang pembelajaran matematika dgn sistem bilingual,,apakah bapak jg membuat situsnya?
Saya tidak membuat situs lebih dari satu
Wong ini saja saya takut tidak terurus
Kalau pekerjaannya hanya nungguin situs mungkin saja
Tapi begini,
Kalau ada hal-hal yang perlu ditanyakan atau di-sharing-kan terkait dengan sistem bilingual, monggo diungkapkan. Mudah-mudahan saya dan teman-teman yang lain bisa membantu.
Salam
Terimakasih atas share file-filenya, saya telah banyak mengunduh moga jadi motivator sayafile-file bapak semoga sukses selalu
Yazid (alumni UNY, alumni PLPG Jogja)
Terimakasih pula mas Yazid
Semoga ilmu yang didapatkan dari sharing ini dapat dimanfaatkan sehingga bisa menjadi ilmun yuntafaa u bih
Kalau berkenan... tolong pula kirimi saya naskah untuk disharingkan
Semoga tidak keberatan
Salam
Posting Komentar