MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Minggu, 11 Januari 2009

PANGKAT PECAHAN

Pecahan seringkali menimbulkan kesulitan belajar pada anak. Banyak hal dalam pecahan membuat permasalahan menjadi lebih sulit dari sekedar bilangan bulat.

Sebenarnyalah bahwa 1/2 sama dengan 2/4.
Akan tetapi, apakah sama x pangkat setengah dengan x pangkat 2/4. Begitu pula, 1/3 sama nilainya dengan 2/6. Tetapi, Apakah sama (-8) pangkat 1/3 dengan (-8) pangkat 2/6. Bukankah 1/3 sama dengan 2/6?

Nach... beberapa tahun yang lalu Dr. Swasono Raharjo bersama teman-teman dosen UM menerima kunjungan tamu dari MGMP Gresik. Di dalam pertemuan itu, salah satu materi yang dibahas adalah permasalahan pangkat rasional ini.

Beliau berkenan berbagi pemikiran dengan kita semua. Di dalam tulisan beliau yang sangat singkat, beliau melontarkan ide tentang pangkat pecahan ini. Tulisan tersebut sebenarnya ditujukan kepada para teman dosen, sehingga di bagian akhir tulisan, beliau meminta dosen yang lain untuk memberikan kritik dan saran. Akan tetapi, menurut saya, beliau tidak hanya meminta para dosen. Kita semua diminta untuk mengkritisinya. Tulisan itu cocok pula untuk dipublikasikan di dalam blog ini.

Nach. Berikut saya postingkan pikiran beliau. Silahkan di unduh di sini, dan tolong berikan komentar, kritik, atau saran.

Salam

Tidak ada komentar: