Kadang kita bingung membedakan model, metode, pendekatan, dan strategi pembelajaran. Untuk teman-teman yang tertarik dan berkepentingan dengan teknologi pembelajaran, memahami perbedaan hal ini merupakan hal yang penting. Bagi seorang praktisi, mungkin saja kita tidak perlu kenal istilahnya. Yang lebih dipentingkan dalam hal ini adalah bagaimana guru melaksanakan pembelajaran sehingga anak belajar sesuatu yang bermanfaat bagi masa depannya.
Tentu akan lebih baik kalau kita mengetahui apa artinya dan mampu mewujudkannya di dalam kelas. Nach, sehubungan dengan itu, saya sempat mengkaji sebuah buku karya BRUCE JOICE, MARSHA WEIL, and BEVERLY SHOWERS yang kalau tidak salah judulnya adalah Models of Teaching. Saya membuat satu power point secara singkat tentang model-model pembelajaran tersebut.
Dengan senang hati saya mengundang teman-teman untuk mengkaji ringkasan tersebut. Kalau teman-teman berkenan, saya persilahkan teman-teman untuk mengunduhnya di sini, mengkaji dan memanfaatkannya. Mudah-mudahan teman bisa memperoleh gambaran tentang apa itu model pembelajaran, dan di kesempatan yang lainnya saya akan mencoba melengkapi dan mengangkat konsep yang lainnya.
Semoga bermanfaat.
Salam
MAHKOTA DEWA
Kamis, 29 Januari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Arsip Blog
-
▼
2009
(67)
-
▼
Januari
(20)
- METODE PEMECAHAN MASALAH
- MODEL PEMBELAJARAN
- CHARACTER BUILDING MELALUI OSN
- JAWABAN SOAL NO 5 HARI 1 OSN SMP NAS 2008
- FIRST PRINCIPLES OF INSTRUCTION
- MEAN MEDIAN ATAU MODUS: YANG MANA?
- KONSEP HIMPUNAN
- JAWABAN SOAL NO 4 HARI 1 OSN SMP NAS 2008
- PAKEM: APA MAKSUDNYA?
- COGNITIVE LOAD THEORY
- PEMANFAATAN PAPAN ATAU TULANG NAPIER
- JAWABAN SOAL NO 3 HARI 1 OSN SMP NAS 2008
- PANGKAT PECAHAN
- MENGUBAH SEGI 4 MENJADI SEGI 3
- A Trapezoid Problem
- Jawaban SOAL NO 2 HARI I OSN SMP NAS 2008
- METODE SILIH TANYA
- MERENCANAKAN TINDAKAN DALAM PTK CONFIRMATORY
- KARAKTERISTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS
- SEJAUH MANA SIFAT BILANGAN PERLU DIPELAJARI?
-
▼
Januari
(20)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar