MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Minggu, 04 Januari 2009

KARAKTERISTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)atau Classroom Action Research (CAR) merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh para guru untuk mencari inovasi pembelajaran secara sistematis, obyektif, dan kontekstual. Dengan PTK, guru bisa tetap menjalankan pembelajaran seperti biasa, sambil melakukan penelitian terhadap inovasi yang dijalankannya. Karena itu, mengenali PTK dengan baik merupakan potensi keunggulan dari seorang guru.

Menurut hemat penulis, PTK dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu PTK Confirmatory dan PTK Exploratory. PTK Confirmatory terjadi jika alternatif tindakan yang akan menyertai tindakan sebelumnya sudah dirancang, dan peneliti tinggal mengkonfirmasikan tindakan mana yang lebih menjanjikan hasil lebih baik. PTK Exploratory terjadi jika alternatif tindakan masih menunggu hasil analisis dan refleksi terhadap tindakan sebelumnya. Belum ada alternatif tindakan berikutnya.

Saya memiliki bahan yang mungkin bisa Anda baca. Anda tertarik? Silahkan unduh di sini.

Salam

Tidak ada komentar: