MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Senin, 05 Januari 2009

METODE SILIH TANYA


Metode Silih Tanya? Binatang apa itu?

Teman-teman sekalian. Wajar kalau kita tidak kenal dengan metode ini, karena barang ini memang merupakan barang baru. Dr. Subanji baru-baru ini mengembangkan suatu metode pembelajaran yang disebutnya dengan istilah "Metode Silih Tanya". Menurut beliau, metode silih tanya ini bisa dijadikan sebagai suatu alternatif dalam pembelajaran matematika, karena memiliki empat karakteristik yang dapat mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan belajar secara menyenangkan. Empat karakteristik tersebut antara lain:
(1) problem posing,
(2) cooperative,
(3) competitive, dan
(4) permainan/game.

Metode silih tanya telah dikembangkan menjadi 4 (empat) model, yaitu:
(1) kompetisi biasa (individu),
(2) kompetisi berjenjang,
(3) kompetisi kelompok, dan
(4) kompetisi gugur bersemi.

Beliau berkenan berbagi ide di dalam blog ini. Beliau menyediakan makalah untuk itu. Anda tertarik untuk mengkajinya secara lebih mendalam? Silahkan unduh di sini.

Salam

11 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya tertarik dengan metode silih tanya, tapi mengalami kesulitan untuk mendownload filenya. Pak tlg kirim ke email saya titin_wahyu_85@yahoo.com

Abdur Rahman As'ari mengatakan...

Sdri Titin yang baik...
Saya sudah kirimkan file Metode Silih Tanya itu ke alamat email Anda... Coba periksa.
Mengenai penggunaan istilah metode silih tanya dalam PTK Anda, boleh-boleh saja... silahkan manfaatkan. Yang penting, pembelajaran menjadi lebih baik, dan anak-anak belajar lebih baik juga. Selamat berkarya. Salam

Anonim mengatakan...

Pak saya sangat juga tertarik untuk membahas metode silih tanya. Kalau buku-buku referensi yang bahas metode ini apa saja? Kalau bisa dikirimkan juga file makalahnya pak ke email saya: yuyus.cool@gmail.com.
sekian, salam hrmatq
yusman

Buddy mengatakan...

saya mengalami kesulitan downloadnya pak...
mohon infonya
budd1.qc@gmail.com

vita mengatakan...

Pak, sebelumnya saya juga tertarik ingin menambah info tentang metode silih tanya.. saya berharap bpak juga mau mengirimkan filenya, karena kesulitan dalam mendownloadnya.. email saya vitaamaliyah@ymail.com

trimakasih pak sebelumnya...

D'wie AnNaJa mengatakan...

pak, saya juga tertarik. tolong dikirim ke email saya juga ya pak.
O iya pak, mengenai metode silih tanya, apakah sudah ada bukunya?
terimakasih.

Anonim mengatakan...

tes

Anonim mengatakan...

assalamulaikum pak as'ari. saya ervan mahasiswa bapak periode 2004-2009.Dulu pak subanji udah pernah memperkenalkan metode ini pada mata kuliah beliau dan juga saya udah pernah menerapkan metode ini di tempat saya mengajar tapi masih ada kendala pak....soal2 yang mereka buat tidak berbobot dan masuh banyak soal yg salah.....mohon masukan terimakasih.

Gitta Agnes Putri mengatakan...

Assalamualaikm..
Pak.. saya mohon bantuannya.. bisa tlong kirimkan file mengenai metode silih tanya ke email saya nggak pak??
referensi buku mengenai metode ini juga adaa nggak pak...
Mohon bantuannya pak.. maaf merepotkan..
gittafkipmatematika@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Saya sangat tertarik, saya minta referensi dr buku-buku apa saja ya metode ini??? Mohon bantuan

Unknown mengatakan...

Saya sangat tertarik, saya minta referensi dr buku-buku apa saja ya metode ini??? Mohon bantuan