MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Jumat, 30 Januari 2009

METODE PEMECAHAN MASALAH

Menguasai berbagai strategi pemecahan masalah merupakan salah satu di antara prasyarat terbentuknya kemahiran matematis. Penguasaan strategi pemecahan masalah berkontribusi dalam salah satu faktor kemahiran matematis, yaitu strategic competence.

Karena itu, para siswa perlu dibiasakan untuk menguasai strategi pemecahan masalah. Namun demikian, anak juga perlu dibiasakan untuk menerapkan strategi itu dengan cara yang baik. Cara yang baik itu antara lain dengan mengikuti tahap-tahap pemecahan masalah ala Polya.

Di dalam kesempatan ini, penulis sempat membuat contoh-contoh metode pemecahan masalah pada berbagai macam strategi pemecahan masalah. Penulis membiasakan anak untuk mengikuti langkah-langkah "mirip Polya". Alih-alih Understand the Problem, Device A Plan, Implement the Plan, dan Look Back, penulis menggunakan istilah "Cari Tahu", "Pilih Strategi", "Lakukan", dan "Periksa Ulang".

Kalau ada yang tertarik dengan tulisan ini, saya persilahkan teman-teman untuk mengunduh di sini. Semoga bermanfaat.

Salam

2 komentar:

Abdur Rahman As'ari mengatakan...

Saya lihat teman-teman, sampai saat ini ada 4 orang yang mengatakan bermanfaat. Bolehkah saya mengetahui dimana letak manfaatnya? Semoga teman-teman berkenan berbagi, dan saya menghaturkan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas perkenannya.
Salam

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas maklumat menarik

NASA Image of the Day