MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Jumat, 23 Januari 2009

JAWABAN SOAL NO 5 HARI 1 OSN SMP NAS 2008

Soal no 5 hari I OSN Bidang Matematika SMP tingkat nasional tahun 2008 berbunyi sebagai berikut:

Bilangan empat angka akan dibentuk dari angka-angka pada {0,1,2,3,4,5} dengan syarat angka-angka pada bilangan tersebut tidak berulang, dan bilangan yang terbentuk merupakan kelipatan 3. Berapakah peluang bilangan yang terbentuk mempunyai nilai kurang dari 3000

Banyak anak yang mampu menjawab soal tersebut dengan baik. Ada yang mampu mengkomunikasikannya dengan baik pula, tetapi banyak pula yang kurang jelas cara mengkomunikasikannya.

Sebenarnya, untuk menjawab soal ini, menurut pembuat soalnya yang diperlukan hanyalah proses berpikir sebagai berikut:

Anak perlu mengetahui bahwa bilangan yang dibentuk adalah bilangan ribuan dan jumlah angka-angkanya harus kelipatan 3, karena bilangan tersebut juga merupakan kelipatan 3. Setelah itu, Anak perlu tahu, berapa banyak bilangan ribuan kelipatan 3 yang mungkin terbentuk. Selanjutnya, anak perlu mengetahui berapa banyak bilangan ribuan kelipatan 3 yang nilainya kurang dari 3000. Dari hal ini, mereka akan bisa dengan mudah menentukan berapa peluangnya.

Nach... berikut saya postingkan jawaban dari soal no 5 OSN Bidang Matematika SMP tingkat nasional hari pertama. Kalau Anda berkenan, silahkan unduh di sini. Semoga bermanfaat.

Salam

Tidak ada komentar: