MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Selasa, 06 Januari 2009

Jawaban SOAL NO 2 HARI I OSN SMP NAS 2008

Soal no 2 hari I OSN Tingkat Nasional adalah sebagai berikut:

Alamat rumah di Jalan Bahagia hendak diberi nomor dengan aturan sebagai berikut. Satu sisi jalan dinomori dengan nomor bilangan genap berurutan mulai dari nomor 2. Sisi seberangnya dinomori dengan nomor ganjil mulai dari nomor 3. Pada deretan rumah bernomor genap, terdapat beberapa tanah kosong yang belum dibangun rumah. Rumah pertama yang bernomor 2 memiliki tetangga di sebelahnya. Pada waktu pengurus RT memesan nomor-nomor rumah tersebut, diketahui biaya pembuatan setiap digitnya adalah Rp12.000,- . Untuk itu, total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp1.020.000,-. Diketahui pula bahwa biaya seluruh nomor rumah sisi genap Rp132.000,- lebih murah dibanding sisi ganjil. Apabila tanah kosong nanti sudah dibangun rumah, banyaknya rumah di sisi genap dan ganjil adalah sama. Tentukan banyaknya rumah yang sekarang telah ada di Jalan Bahagia tersebut

Apa yang pertama kali terbetik ketika kita dihadapkan dengan soal semacam ini?

Tentunya, masing-masing orang akan memiliki respons berbeda. Akan tetapi, yang jelas, kalau kita ingin menjawab soal ini, maka kita harus memiliki kemampuan membaca pemahaman yang baik. Tanpa kemampuan membaca pemahaman yang baik, sangat mungkin kita sudah frustasi terlebih dahulu. Jangankan terselesaikan, menentukan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pun tidak dapat dilakukan. Karena itu, sangat penting sekali pembelajaran membaca itu dilakukan.

Pembelajaran membaca jangan hanya dibebankan kepada mata pelajaran bahasa Indonesia. Di dalam mata pelajaran matematika pun, kita harus membantu anak belajar membaca pemahaman. Tentu ada bedanya, karena matematika itu memiliki karakteristik yang unik.

Baiklah....

Bagaimana jawaban dari soal tersebut?.
Ada satu jawaban yang saya sediakan dalam blog ini. Kalau Anda tertarik untuk mengetahuinya, saya persilahkan unduh di sini. Semoga memberikan manfaat.

Salam

2 komentar:

Abdur Rahman As'ari mengatakan...

Teman-teman sekalian,

Apakah perlu saya postingkan soal-soal OSN dalam blog ini?

Apa ada manfaatnya?

Salam

Anonim mengatakan...

saya kira perlu pak...

banyak guru-guru yang membutuh pengalaman ttg pengerjaan soal olimpiade...

Bravo Olimpiade matematika

jsuwarno@yahoo.com