Working Memory seseorang merupakan unsur penting di dalam belajar. Berhasil tidaknya belajar, akan sangat ditentukan oleh kemampuan seseorang mengelola beban atau load pada working memory ini.
Menurut para pakar, working memory seseorang bukan tanpa batas. Working memory memiliki kapasitas yang terbatas (sekitar 4 sampai 10 unsur). Lebih dari itu, working memory tidak akan mampu meng"handle" dengan baik informasi yang datang.
Beban kerja dari working memory ini dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu: Intrinsic Load, Germane Load, dan Extraneous Load. Intrinsic load merujuk kepada beban yang harus dipikul memory karena karakteristik dari materi yang sedang dipelajari. Membaca teks matematika tentu menuntut Intrinsic Load berbeda dengan membaca teks narasi biasa. Teks matematika yang biasanya ringkas, padat, penuh simbol memberikan beban lebih berat daripada orang yang membaca teks cerita pendek biasa. Apalagi di dalam matematika, sekali dituliskan definisi suatu konsep, halaman-halaman berikutnya tidak akan memuat lagi definisi itu. Orang harus kembali ke halaman yang ada definisinya, bila ia lupa dengan definisi tersebut.
Germane Load merujuk kepada beban memory untuk memproses informasi yang satu dengan informasi yang lain sehingga menjadi suatu jaringan yang lebih mantap. Germane Load ini merupakan beban untuk menyatukan dan mengembangkan skema pengetahuan seseorang. Gaya belajar, latar belakang pengalaman dan pengetahuan, serta karakteristik individu pebelajar sangat menentukan load atau beban belajar yang diemban. Karena itu, Germane Load antara orang yang satu dengan orang yang lain bisa berbeda-beda. Di dalam matematika, orang yang gaya belajarnya kinestetik, akan mengalami kesulitan yang cukup berat dalam memahami teks matematika. Orang yang suka dijelaskan akan mengalami kesulitan kalau harus membaca dan mempelajari sendiri materi pelajarannya.
Extraneous load merujuk kepada unsur-unsur ekstra yang memberikan beban tambahan kepada memory untuk memproses informasi. Kalau Intrinsic Load dan Germane Load seperti apa adanya, Extraneous Load adalah faktor yang harusnya diminimalkan dalam pembelajaran. Hal-hal yang di luar karakteristik bahan ajar, dan karakteristik anak, hendaknya dibuat sekecil mungkin pengaruhnya terhadap beban belajar anak. Suara gaduh yang membuyarkan konsentrasi pebelajar, bahkan tampilan media komputer yang terlalu banyak animasinya bisa juga membuat beban ekstra (extraneous load) bagi pebelajar. Bukannya belajar, yang terjadi malah keasyikan yang tidak terarah kepada yang semestinya.
Beberapa waktu yang lalu saya sempat membuat ringkasan tentang Cognitive Load Theory ini, dan saya tuliskan dalam bentuk power point. Bu Endah dari Jogja sepertinya tertarik dengan tulisan itu.
Nach... ringkasan singkat untuk keperluan presentasi tersebut saya sediakan dan silahkan unduh di sini kalau berkenan. Semoga bermanfaat.
Salam
MAHKOTA DEWA
Selasa, 13 Januari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Arsip Blog
-
▼
2009
(67)
-
▼
Januari
(20)
- METODE PEMECAHAN MASALAH
- MODEL PEMBELAJARAN
- CHARACTER BUILDING MELALUI OSN
- JAWABAN SOAL NO 5 HARI 1 OSN SMP NAS 2008
- FIRST PRINCIPLES OF INSTRUCTION
- MEAN MEDIAN ATAU MODUS: YANG MANA?
- KONSEP HIMPUNAN
- JAWABAN SOAL NO 4 HARI 1 OSN SMP NAS 2008
- PAKEM: APA MAKSUDNYA?
- COGNITIVE LOAD THEORY
- PEMANFAATAN PAPAN ATAU TULANG NAPIER
- JAWABAN SOAL NO 3 HARI 1 OSN SMP NAS 2008
- PANGKAT PECAHAN
- MENGUBAH SEGI 4 MENJADI SEGI 3
- A Trapezoid Problem
- Jawaban SOAL NO 2 HARI I OSN SMP NAS 2008
- METODE SILIH TANYA
- MERENCANAKAN TINDAKAN DALAM PTK CONFIRMATORY
- KARAKTERISTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS
- SEJAUH MANA SIFAT BILANGAN PERLU DIPELAJARI?
-
▼
Januari
(20)
4 komentar:
I think it is a good theory. The next problem is to what extent our believes to take account of this theory, specifically on the justification of "intrinsic" aspect. I spy that in this intrinsic aspect there are more in depth intrinsic aspects also, continually until we can not say any word about it. That I called as "infinite regress of intrinsic". The other problem is how to uncover its characteristic?. Thank you.
(Marsigit: http://powermathematics.blogspot.com)
I did a research based on this theory. Thanks ya Pak postingannya...
Sami-sami bu,
Sampun sungkan... kulo malah ingkang sungkan...lha wong namung ringkasan kemawon kangge presentasi kok...
But, I think this theory will be used in my research for discussion chapter ...
Sukses selalu
Assalamualaikum sir..
my next research is about identified the extraneous ,intrinsic, and germane load in learning..
thanks for your posting sir..I hope you'll post about CLT again...he4
Posting Komentar