MAHKOTA DEWA

MAHKOTA DEWA
Inilah gambar dari Mahkota Dewa... Tanaman ini dipercaya banyak menyembuhkan penyakit... Nach... Apakah ada di antara teman-teman yang memilik data tentang pertumbuhannya? Adakah model matematika yang bisa kita kembangkan dari data-data itu? ... Kalau pun tidak... apakah mungkin kita bisa belajar matematika daripadanya?

Senin, 12 Januari 2009

PEMANFAATAN PAPAN ATAU TULANG NAPIER

Penguasaan operasi bilangan di jenjang sekolah dasar merupakan fondasi untuk mengikuti pembelajaran pada jenjang berikutnya. Ketidaklancaran dalam mengoperasikan bilangan, tidak jarang membuat anak frustasi, bahkan takut untuk belajar matematika. Guru di kelas atas juga sering mengeluh, kalau ada siswa yang penguassaan operasi bilangannya kurang. Tidak jarang, guru kelas atas ini menyalahkan guru kelas di bawahnya. Yach... itulah hidup.

Ada banyak cara untuk membelajarkan operasi bilangan ini. Di samping menggunakan abacus, mistar hitung, kalkulator, sempoa aritmatika, sejak dahulu kala sebenarnya telah pula dikenalkan suatu alat yang dikenal dengan PAPAN NAPIER atau ada yang menyebutnya dengan TULANG NAPIER. Saya tidak memilih mana yang sebaiknya digunakan. Silahkan saja pilih sesuai dengan kehendak masing-masing.

Beberapa tahun yang lalu, teman sejawat dari Universitas Bung Hatta, Padang, Ibu Rita Desfitri, M.ScSt, membuat makalah untuk digunakan dalam melatih guru-guru kelas 3 dan kelas 4 SD. Beliau saat ini sedang banyak melakukan perjalanan. Beberapa waktu yang lalu beliau pergi ke Thailand, dan kalau tidak salah, dalam waktu dekat juga akan bepergian ke New Delhi. Dengan membaca makalah tersebut, saya yakin banyak guru di kelas akan memiliki ide alternatif bagaimana membelajarkan perkalian dan pembagian bilangan di kelas masing-masing. Di samping pembelajaran biasanya, dia bisa membelajarkan dengan Papan atau Tulang Napier ini.

Kemarin beliau mengirimkan file-nya ke saya untuk dibagikan kepada kita semua para pemerhati pendidikan matematika di blog ini. Kalau Anda tertarik untuk membacanya, silahkan unduh di sini. Semoga bermanfaat.

Salam

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Blog Bapak bagus sekali isinya... sangat bermanfaat!
Saya membaca sidebar, kalo boleh saya membaca paper Bapak tentang Cognitive Load Theory, Firsts principle of instruction dan problem solving strategies? saya sedang mempelajari teori ini dan tertarik untuk mengkajinya

Mohon dibalas via email end4h_ret[at]yahoo.com

Terima kasih...

Anonim mengatakan...

Oh ya... saya yg koment di atas adalah Endah, dari Jogja. saya tunggu ya Pak... Makasih

Abdur Rahman As'ari mengatakan...

Mbak atau Bu Endah yth,

File yang ibu minta itu bukan berupa makalah... hanya sekedar catatan saya kalau mau presentasi... tentu tidak lengkap

Tapi kalau mau, InsyaALLAH saya kirimkan... tapi tolong diingatkan ya... kadang lupa... karena masih harus saya cari lagi dan kadang tertumpuk dengan tugas yang lain...
Semoga tidak menjadi masalah

Salam